21 February 2007

TUTORIAL MAIN2RAW DAN SEFSTOOL4

Mencari file ataupun driver original untuk HP Sony Ericsson kadang sulit. Maklum bagi para opreker, kebutuhan akan file-file original tersebut sifatnya mendesak, entah untuk mengembalikan setting standar setelah tidak puas dengan hasil modding ataupun untuk basis modding itu sendiri.
Sebetulnya, file dan driver original itu ada di dalam paket Firmware FS yang banyak beredar di internet. Namun, karena dipaket sedemikian rupa, file-file tersebut tidak bisa diakses dengan mudah.
Untung, di kalangan opreker dunia terutama di forum se-nse ada yang namanya Darkmen. Sekedar info, orang inilah pembuat plugin FAR Manager sehingga bisa digunakan untuk mengakses jeroan HP SE terutama yang berbasis CID36.
Dari tangan orang ini juga lahir dua tools sederhana yang sangat berguna untuk mengekstrak Firmware FS. Paket firmware inilah yang berisi berbagai setting dan file yang mengatur pengoperasian HP SE. Dua tools tersebut adalah main2raw dan SEFStool4. Dua tools ini dipakai secara simultan untuk menghasilkan ekstraksi Firmware FS.

Cara menggunakannya terbilang mudah.

Yang dibutuhkan:
1. Firmware FS yang akan diekstrak.
2. Tools main2raw dan SEFStool4.

Persiapan:
1. Unpack Firmware FS sehingga menghasilkan file dengan ekstensi .fbn.
2. Tempatkan file .fbn ini di folder yang sama dengan main2raw dan SEFStool4. Misalnya (seperti yang saya lakukan, menempatkan ketiganya di folder C:\Documents and Settings\Gue\Desktop\XS++\Firmware.

Step-by-step:
1. Bagi yang pernah akrab dengan DOS, maka inilah saatnya bernostalgia. Buka Command Prompt dengan mengklik Start, Program, Accessories, Command Prompt.

2. Arahkan prompt ke folder tujuan (misalnya: C:\Documents and Settings\Gue\Desktop\XS++\Firmware, dengan menggunakan perintah cd. Jika prompt masih di C:\, maka ketik cd Documents and Settings\Gue\Desktop\XS++\Firmware, lalu tekan enter).


3. Jalankan main2raw dengan mengetik di prompt main2raw diikuti dengan nama file Firmware FS secara lengkap berikut ekstensinya (misalnya: main2raw K618_R1CF001_FS_APAC_RED49.fbn).


4. Setelah muncul teks: Task finished! Press ENTER to quit..., maka di folder anda akan terdapat satu file baru yang namanya sama dengan dengan file .fbn yang anda punya tapi dengan ekstensi .raw. File inilah yang akan dipakai oleh tools kedua, SEFStool4. Jalankan SEFStool4 seperti menjalankan main2raw (diikuti dengan file .raw tersebut lengkap dengan ekstensinya)


5. Sekali lagi, setelah muncul teks: Task finished! Press ENTER to quit..., maka proses ekstraksi sudah selesai. Anda akan menemukan sebuah folder baru yang bernama _K618_R1CF001_FS_APAC_RED49.raw. Di dalam folder inilah terdapat berbagai file dan driver original.


Ekstraksi Firmware FS ini tidak hanya berguna untuk mendapatkan file dan driver original, tapi juga berguna bagi opreker yang memakai fungsi FSX di tool flash PhoneXS/XS++. Karena, dengan mendapatkan ekstraksi ini, kita juga bisa mengetahui struktur folder yang terdapat di FS HP kita, jadi meng-upload file dengan FSX pun tidak takut lagi terjadi salah folder/file.

Thanks to Darkmen for making these tiny great tools.
PS: Mohon maaf kalau bahasa tulisan yang saya pakai sangat formal. Maklum, jurnalis kalau disuruh membuat artikel, ya jadinya seperti ini.....:D

4 comments:

Anonymous said...

weeeh mantep bro tutorialnya, ngomong2 bisa ngga bwat extrac yang MAIN firmwarenya, apa ada cara lain

Master_Biji said...

Ekstrak MAIN belum bisa. Paling tidak karena belum ada tools-nya.

Anonymous said...

Saya coba extract FS K750 R1CA021, tapi hasilnya seperti ini, versinya terlalu baru?

(#)sefstool v4.7 by Darkmen [sephone@nm.ru] 28 Oct 2006
(#)Parsing tool for SonyEricsson phones raw File System image
(#)Supported phones: z530, k610, k790/800, w550, w810, w850, w900

Loading K750_R1CA021_FS_APAC_1_RED49.raw header...OK!
Detected FS image version: 23
FATAL: This version is not supported. Check entry file!

Master_Biji said...

Setahu saya, main2raw dan SEFStool4 by darkmen hanya untuk db2020.