22 February 2007

Tutorial Uploading via FSX di XS++

Berkat hacker-hacker di forum se-nse, sekarang pemakai HP Sony Ericsson generasi terakhir (CID49, db2020) sudah bisa memodifikasi HP-nya. Sayang, modding tersebut masih sangat terbatas, bukan karena yang bisa di modding atau bahannya yang terbatas tapi karena metode-nya yang butuh kesabaran tinggi.
Enkripsi FS Sony Ericsson memang sangat sulit ditembus. Pencipta tools XS++ (pengembangan dari PhoneXC/PhoneXS) juga baru bisa menembusnya dengan cara brute forcing. Metode ini adalah metode trial and error. Bagaimanapun, sedikit banyak tools ini bisa menghapus dahaga opreker untuk berkreasi.

Yang dibutuhkan:
1. Tool XS++.
2. Bahan modding (tutorial ini menggunakan bahan modding menu icons, yaitu untuk mengganti menu icons).
3. HP SE tentunya (terutama db2020).
4. Kabel DCU-60.
5. Jika komputer anda belum terinstall driver USB Flash, maka anda membutuhkan driver ini.
6. Kesabaran...:D

Persiapan:
1. Untuk melakukan modding menu icons, semua file yang akan diupload dengan fungsi FSX di XS++ harus dimasukkan ke folder files_to_upload yang berada di folder yang sama dengan XS++.exe. Di folder yang terdapat XS++.exe, buat folder files_to_upload.
2. Di dalam folder files_to_upload, buat folder-folder lagi yang menunjukkan posisi file di dalam struktur FS HP. Untuk menu icons terletak di tpa/preset/system/menu, maka buat folder (dan subfolder) dengan struktur \tpa\preset\system\menu.

3. Masukkan menu icons dan menu.ml di folder tersebut.

4. Matikan HP, lepas memory card (M2/MSD), lepas Simcard.

Step-by-step:
1. Run XS++ (dengan mengklik ganda).

2. Klik Start.

3. Tekan tombol C di HP anda, kemudian colok HP anda dengan DCU-60. Jika driver USBFlash telah terinstall, maka tampilan di XS++ akan seperti ini:

Jika belum, instalasikan driver USBFlash. Setelah terinstall, ulangi langkah pertama.

4. Di Configuration, pilih FSX, klik Start FSX.


5. Brute forcing...
Proses ini memakan waktu yang beragam. Karena trial and error, maka tidak ada patokan waktu berapa lama akan selesai. Beberapa orang beruntung proses ini bisa mendobrak enkripsi FS dalam 1000-2000 kali percobaan yang hanya memakan waktu kurang dari satu menit. Namun, tidak sedikit yang bernasib sial memakan waktu lebih dari lima jam. Namun, rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 2-3 jam (walaupun tetap bukan patokan).
Itulah sebabnya modding memakai XS++ untuk HP SE CID49 db2020 membutuhkan kesabaran tinggi...:D

TIPS: Jika proses brute forcing telah berjalan lebih dari 2 jam, tidak masalah untuk memutus proses. Batalkan proses, dan ulangi langkah pertama (diawali dengan melepas battery selama kurang lebih 1 menit sebelum memulai lagi langkah pertama)

6. Setelah XS++ berhasil menemukan celah di FS, maka files yang terdapat di files_to_upload akan diupload ke FS. Semua files yang sebelumnya sudah ada di FS akan direplace dengan yang anda upload. Folder dan files yang tidak eksis akan akan dibuat dan dimasukkan secara otomatis.
Itulah sebabnya penting untuk meletakkan files di folder yang tepat.

7. Setelah semua files terupload, proses selesai. Cabut kabel DCU-60 dan HP setelah muncul pesan: Disconnected...unplug the phone.

8. Masukkan simcard dan memory card. Nyalakan HP, dan lihatlah bedanya. Selamat anda telah berhasil memodifikasi HP anda.

Warning: Semua yang anda lakukan terhadap HP anda adalah tanggung jawab anda sendiri. Setiap modding HP berpeluang mengakibatkan HP rusak. Setiap modding, sekecil apapun, adalah tindakan yang menghanguskan garansi HP anda.

2 comments:

Anonymous said...

dampak yg mengerikan...

cara melihat seri brapa aj yg bisa...????

vity_punya said...

cara dapatin UCD-60 tu gi mna