21 March 2007

MENGGANTI MENU STANDAR SE

Sebelum tulisan ini berlanjut ada baiknya saya mohon maaf kepada para pembaca sekalian jika sekiranya tulisan saya berikut ada yang kurang begitu jelas atau kurang bisa dimengerti. Karena pada dasarnya saya bukanlah seorang penulis ataupun jurnalis.

Sebelum kita mengganti susunan menu standar HP Sony Ericsson, ada baiknya kita mengetahui struktur dasar dari file menu.ml. Karena dengan mengubah isi dari menu.ml ini, maka susunan menu standar SE juga akan berubah. Satu menu bisa terdiri dari beberapa elemen dan elemen ini bisa kita ganti sesuai dengan kebutuhan atau keinginan kita. Untuk setiap elemen yang memiliki submenu, bisa juga diganti layout dan icon-nya. Susunan menu standar HP SE dapat dibagi menjadi beberapa layout, diantaranya ialah DesktopTopMenuGFX1/2, DesktopFullscreen, TabMenu, SingleRowHighlight dan TwoRowHighlight.

Untuk mengubah Main Menu menjadi fullscreen, gunakan layout DesktopFullscreen. Untuk menu standar (3 x 4) gunakan layout DesktopTopMenuGFX2.

Untuk meng-edit menu.ml gunakan program seperti Notepad atau program yang khusus untuk meng-edit XML-based structure (emEditor) karena pada dasarnya struktur menu.ml sama dengan file .xml lainnya.

Untuk mengganti icon kita cari baris berikut
(icon pos="unselected" source="internal")DESKTOP_WAP_ICN(/icon)
(icon pos="selected" source="internal")DESKTOP_WAP_SELECTED_ICN(/icon)

pos= "unselected" – posisi untuk icon menu dalam keadaan tidak aktif/tidak terpilih
pos= "selected" – posisi untuk icon menu dalam keadaan aktif/terpilih
source= "internal" – sumber untuk icon yang digunakan dalam hal ini internal berasal dari MAIN.
DESKTOP_WAP_ICN – nama icon yang digunakan.

Sesuaikan nama icon yang ada di menu.ml dengan nama icon yang akan menjadi pengganti icon standar SE.

(element id="MenuItem_Bt_MyDevices")
(label type="name" textid="BT_MY_DEVICES_TXT"/)
(label type="helptext" textid="BT_MY_DEVICES_HLP"/)
(icon pos="unselected" source="file")BTdev_u.png(/icon)
(icon pos="selected" source="file")BTdev_s.png(/icon)
(/element)


Hal pertama yang harus kita lakukan untuk mengubah susunan menu dan icon-nya adalah tentu saja mencari file icon pengganti icon standar SE. Icon file yang diperlukan ialah yang berbentuk file dengan ekstensi .png; .gif; ataupun .jpg. Tidak disarankan untuk memakai file .ico.
Hingga saat ini belum ada ukuran yang pasti mengenai ukuran icon yang digunakan. Tetapi lebih banyak yang memakai ukuran sebagai berikut:

Ukuran icon untuk layout Fullscreen:
Layar 240x320: 240x226 atau lebar 240 dan tinggi disesuaikan
Layar 176x220: 162x147
Ukuran icon untuk layout TopMenuGFX2:
Layar 240x320:
- selected 93x69
- unselected 73x53
Layar 176x220:
- selected 64x42
- unselected 55x34

Kumpulkan semua icon berada dalam satu folder bersamaan dengan file menu.ml yang berada di /tpa/preset/system/menu.

Setelah semua icon file yang diperlukan sudah didapatkan, selanjutnya ialah mengubah menu.ml yang asli, sebaiknya dibuat backup nya dulu sebelum melakukan pengubahan.

Mengganti browser standard dengan Opera Browser

(!- Desktop Of element of 2 using DESKTOP_HOOK_2 -)
(element of id= "InternetServices" )
(label of type= "name" textid= "OLP_TITLE_TXT"/ )
(icon of pos= "unselected" source= "file")icon2_unselected.png (/icon)
(icon of pos= "selected" source= "file")icon2_selected.png (/icon)
(link of type= "java" javasuitename= "Opera Of mini " javasuitevendor= "Opera Of software ASA" javasuitepoint= "com.opera.browser.Browser ")
(/element)

Karena Opera Mini merupakan aplikasi Java, maka link of type= nya kita ganti menjadi java. Informasi mengenai javasuitename= javasuitevendor= javasuitepoint= kita dapatkan dari file .JAD nya atau dari file MANIFEST.MF yang ada di folder META-INF dalam file .JAR. Untuk meng-ekstrak .JAR gunakan WinRAR.

Selanjutnya karena tulisan ini sangat panjang, sudah saya siapkan 1 file dalam format word yang bisa diambil disini.
Berikut ini merupakan icon pack yang sudah saya buat plus bonus frames
(bingkai) untuk kamera, silakan diambil disini.